Latar belakang penjelajahan samudera

Mungkin selama ini kita bertanya-tanya bagaimana awalnya bangsa Eropa bisa sampai ke Indonesia. Jika kalian penasaran yuk kita simak ulasan berikut biar bertambah wawasan kita.
Dahulu sebelum bangsa Eropa mencari sendiri rempah-rempah,  pasokan rempah-rempah bangsa Eropa berasal dari Konstantinopel.  Namun setelah Konstantinopel jatuh ke tangan Turki bangsa Eropa mulai kesulitan untuk mendapatkan rempah-rempah.  Maka bangsa Eropa berusaha sendiri untuk mencari sumber rempah-rempah yang kemudian akhirnya melahirkan penjelajahan samudera.  Namun selain sebab itu ada beberapa sebab lain yang menjadi latar belakang penjelajah samudera.  Berikut ini adalah latar belakang penjelajahan samudera:
1. Adanya semangat imperialisme kuno
Adapun semangat imperialisme Kuno meliputi
1. Gold:  mencari kekayaan
2. Glory:  mencari keharuman nama/ kejayaan
3. Gospel:  menyebarkan agama nasrani
2. Adanya semangat Reconquista
Merupakan semangat balas dendam terhadap kekuasaan islam
3. Adanya penemuan kompas
Dengan adanya kompas makan semakin memudahkan orang dalam melakukan perjalanan laut. Karena kompas menjadi alat untuk menunjukkan arah dalam pelayaran.
4. Ingin membuktikan teori dari Copernicus bahwa bumi itu bulat
5. Jatuhnya konstatinopel ke tangan Turki Usmani
Adapun pelopor penjelajahan samudera adalah sebagai berikut:
Spanyol
1. Cristoper Columbus:  Dalam penjelahan samudera ia sampai di benua Amerika
2. Ferdinand Magelhaens:  Perjalanan samudera yang dilaluinya sampai di Filipina.  Ferdinand Magelhaens terbunuh di Filipina karena terlibat konflik dengan penduduk setempat.
3. Sebastian Del Cano:  Setelah Ferdinand Magelhaens terbunuh selanjutnya pimpinan ekspedisi penjelajahan samudera di gantikan oleh Sebastian del Cano.  Dalam ekspedisinya ia berhasil mencapai Indonesia dan menemukan sumber rempah-rempah di Maluku.
 Portugis
1. Bartolomeus Dias:  Ekspedisi penjelajahan samudra yang dilakukannya berhasil mencapai tanjung Harapan.  Sayangnya saat di tanjung Harapan terjadi badai besar sehingga ia tidak melanjutkan perjalanan ekspedisnya dan kembli ke negaranya.
2. Vasco da Gama:  Penjelajahan yang dilakukan sampai di Goa India.
3. Alfonso dengan Albuquerque:  ini adalah penjelajahan Eropa yang pertama kali datang ke Indonesia.  Ekspedisi yang di pimpinannya masuk ke Indonesia melaui selatan Malaka selanjutnya perjalanan diteruskan ke Indonesia bagian timur dan sampailah di Maluku.
Belanda
1. Cornelis d Houtman
Ekspedisi Belanda yang dipimpin Cornelis dengan Houtman berlabuh pertama kali di Banten.  Sayangnya Cornelis bersifat congkak sehingga tidak disukai oleh para penguasa di Indonesia.  Akibatnya ia kembali ke Belanda dengan tangan kosong karena gagal mendapatkan rempah-rempah.
2. Jacob van neck
Ekspedisi ke dua yang dipimpin oleh Jacob van neck membawa hasil yang gemilang.  Hal ini karena Jacob van neck pandai mengambil hati para penguasa sehingga saat ia kembali ke Belanda kapalnya penuh dengan rempah-rempah.  Keberhasilan yang dialami Jacob van neck mendorong pedagang Belanda lainnya untuk datang ke Indonesia.

Comments

Popular Posts